Kenapa Harus Nyantri? (Alasan Dasar Mengapa Harus Nyantri, Batasan Aurat Wanita,Belajar Agama hanya Lewat Buku, dan Hukumnya Pacaran dalam Islam)

08.25.00






1. Kenapa harus nyantri?
2. Apa santri sudah pasti jaminan bahwa ia akan          lebih baik dari "orang luar"?
3. bukannya ilmu agama bisa didalami lewat apa saja dan dimana saja?
4. Lalu bagaimana anda menyingkapi fenomena pacaran dikalangan santri?
5. Bagaimana pandangan anda mengenai cara berpakaian santri dan orang luar yang berjilbab lebih lebar (syar'i) bahkan bercadar?
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ini bukan masalah nyantri atau tidaknya, setidaknya ilmu agama itu bukan bahan yang bisa ditelan mentah - mentah, jika dengan tidak nyantri ada sudah punya "guru" (guru disini bukan dalam hal mistis, tapi lebih tepatnya pembimbing dalam memperdalam agama). Dan mengenai lebih baik mana si fulan dimuka bumi ini sesungguhnya si fulan itu yang bisa merasakannya. setidaknya nyantri adalah jalan menuju taat (sami'na wa ato'na bukannya sami'na wa ngasoina) ingat ya, siapa sih yang bisa menjamin kebaikan suatu kaum?. Lalu, mengenai cara memperdalam ilmu dan tempat mendapatkannya, disini bisa ditelaah jika dipesantren terdapat ulama yang setidaknya lebih faham mengenai ilmu agama dan yang paling penting bisa dipertanggungjawabkan ilmunya diakherat nanti karena sesungguhnya segala ilmu agama itu akan bersambung sanadnya kepada Nabi Muhammad saw, lalu bagaimana jika kita belajar melalui buku agama saja? *tanpa guru-red. diera ini apa ada jaminan setidaknya 90% saja bahwa tulisan atau argumen dalam pembahasan suatu buku bisa terhindar dari kata bernama "salah" atau bahkan terkontaminasi oleh faham - faham yang menyimpang. contoh nyatanya bisa kita lihat sekarang adalah masuknya faham yang mengatasnamakan sunni dalam pembahasan atau dalil didalamnya. yang kedua penggunaan hadits yang tidak terjamin keshahihannya, kurang dhabit perowinya. dan siapa yang menjamin bahwa penalaran kita lebih dhabit (cerdas) dari ulama semisal Abu Hurairoh? kita ini masih ada pada tingkatan awam, jadi masih sangat membutuhkan pembimbing agar tak salah dalam menafsirkan. 
Pacaran adalah hal yang tak mudah untuk dihindari oleh siapapun dan dari kalangan manapun, terutama para santri. bukannya santri juga manusia yang punya rasa? tapi apakah pantas dengan mengatasnamakan "tidak ada yang sempurna" dan "manusia adalah tempatnya khilaf" lalu kita bisa melakukan hal yang dianggap dosa. ingat ini, LAA TAQROBU ZINA! janganlah kamu mendekati zina! pacaran adalah langkah awal untuk berzina. dari sekedar pandangan mata, pegangan tangan lalu merambah ketindakan zina itu sendiri. Pada dasarnya, zina digolongkan menjadi beberapa bagian yaitu zinan hati, dimana didalam hati kita mengingkan atau menyimpan hasrat pada si fulan, kedua zina mata, disini ada riwayat yang menunjukan bahwa janganlah kita mengikuti pandangan kedua. seringkali saat pandangan pertama itu menarik maka ingin sekali kita memandangnya lebih kedua kalinya. ini tidak boleh! jika ingin memahami mengenai hal ini lebih lanjut, telitilah mengenai "Godhul Basor".
Masuknya setan ketika seseorang itu memandang
Masuknya setan  lewat jalan ini melebihi kecepatan aliran udara ke ruang hampa. Lalu ia menyalakan api syahwat dan ia lemparkan kayu bakar maksiat. Pintarnya lagi, setan  akan menyesatkan manusia secara bertahap. Ada pepatah yang mereka pegangi; berawal dari pandangan, lalu berubah menjadi senyuman, kemudian beralih menjadi percakapan, kemudian berganti menjadi janjian, yang pada akhirnya berubah menjadi pertemuan. Begitu hebatnya setan  melemparkan panah beracun pada diri kita  dan setan  melemparkannya secara bertahap sehingga kadang kita tidak menyadarinya.
Mari kita teliti lebih lanjut, jangan langsung menjudge bahwa santri adalah makhluk yang bisa segalnya (bisa mendatangkan dosa dan pahala). permasalahannya disini bukan siapa dia (who are you) dan statusnya. santri ataupun orang biasa sama - sama punya hasrat dan minat.lagipula tidak semua santri itu pacaran, masih banyak juga bisa memegang teguh prinsip untuk tidak mendekati zina, ya dengan tidak pacaran. analoginya gini, kalangan santri tak bisa menjudge bahwa orang biasa yang tak faham agama lebih buruk akhlaknya daripada mereka yang nyantri, jadi tak ada alasan untuk orang luar menjudge bahwa semua santri harus berakhlak lebih dari orang luar bukan? ini kaitannya pada pribadi itu sendiri, toh hati manusia siapa yang tahu? nyantri itu seperti jembatan menuju taat, akan tetapi tidak semua orang bisa berjalan dengan baik dijembatan bukan? mungkin ada yang jatuh atau sekedar tersandung bahkan lebih parahnya jika sampai terjerembab kejurang dibawah jembatan itu sendiri. sekali lagi saya tegaskan pacaran itu mengenai prinsip hidup, kalau orang yang baik pasti tidak ingin menyalahi aturan Tuhan bukan? siapapun dia dan dari tempat bernama apapun juga. untuk itu mari galakkan motto hidup "say no to going steady" katakan tidak pada pacaran!
Bahasan terakhir, mengenai cara berpakaian para akhwat dari kalangan santri vs non santri. Berhubung saya penganut mahzab Imam Syafi'i aurat seorang wanita adalah seluruh badannya, kecuali muka dan telapak tangan. niqob atau cadar itu bukan hal wajib, menurut saya itu lebih cenderung pada tradisi berpakaian wanita Arab. karena disana adalah gurun pasir, maka wanita Arab menutup sebagian wajahnya untuk menghindari masuknya debu dalam pernafasan. alasan kedua mengapa menggunakan niqob adalah sebagai satir pengontrol hawa nafsu, pria Arab itu besar hasratnya jadi untuk menghindari timbulnya hawa nafsu, wanita Arab menutupnya dengan niqob. begitu pula dengan pakaian, Nabi tidak pernah mewajibkan kita untuk memakai jubah hitam layaknya pakaian masyarakat Timur, tapi yang Nabi tekankan adalah untuk menutup aurat. sekali lagi ini masalah tradisi! saya bisa melihat dimana santri berpakaian tidak terlalu besar dan berkerudung bukan berjilbab, tidak selebar jilbab orang luar. disini ketentuannya menutup aurat, jika dengan kerudung tidak menampakkan aurat atau melihatkan tonjolan badan maka tidak ada alasan mengharamkan cara berpakaian santri. maaf, saya pernah melihat seorang akhwat yang berjilbab lebar akan tetapi dibagian dadanya agak mempertotonkan tonjolan tertentu. maka akan lebih baik jika menutup aurat itu tidak diukur dari lebarnya atau hitamnya suatu bahan, tapi bagaimana bahan tersebut menutup aurat kita secara sempurna. dan jika berjilbab lebar dan menutup aurat adalah pilihan anda, maka itu adalah suatu keutamaan diantara kerudung seadanya yang menutup aurat kita. ini masalah pilihan :)
Jadi penegasan akhirnya bukan mengenai seberapa lebar kain yang melekat ditubuh tapi bagaimana kain tersebut bisa menutup aurat seorang wanita secara sempurna.
setidaknya ini jawaban dari seorang mantan (mantan santri-red) yang sehari dua hari numpang tidur dipesantren, jadi wajar kalau jawaban dari orang awam tentunya tak sehandal ataupun menyentuh kata kebenaran yang mutlak, setidaknya menjawab sebagai ajang gendu - gendu rasa antar umat muslim. ingat ya, bukan ajang debat untuk memperoleh label "pembenaran". salam ukhuwah islamiyah

You Might Also Like

0 komentar





"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu"

_Ali bin Abi Thalib_

Like me on Facebook