Manfaat Berorganisasi Serta Hidup Bersosial

08.10.00

  


    Organisasi adalah sekumpulan orang yang punya visi dan misi sama demi terwujudnya suatu tujuan. nah disini kita bisa mengambil kesimpulan bawa organisasi bisa dijadikan media kita untuk belajar saling respect sama orang, belajar peka sama keadaan, cepat tanggap dalam menyingkapi permasalahan. kenapa bisa begitu? karena dalam berorganisasi kita dihadapkan pada berbagai jenis watak manusia dan kita dituntut untuk bisa menyatukan pemikiran yang bahkan saling bersebelahan.
       Mimin mau berbagi pengalaman aja ya sedikit mengenai organisasi serta seperti apa sikap yang harus kita ambil dalam bersikap didalam suatu organisasi. hal paling dasar adalah ketika menyampaikan pendapat dalam suatu forum, jangan terlalu memaksakan kebenaran dari pendapat kita sendiri ya gan. bisa - bisa kamu bakal dianggap mau menang sendiri dan berjiwa egois tinggi. and than saat orang lain menyampaikan gagasannya, dengarkan dulu baik - baik (walaupun menurut kamu gagasan orang tersebut gak sesuai). ingat ya respect to other itu hal penting jika kamu juga ingin dihargai orang lain. masalah benar salah nanti pasti bisa diluruskan dengan sesi berikutnya beserta gagasan orang lain. untuk tambahan, jangan sampai kamu mengatakan "TIDAK/BUKAN" pada saat orang lain menanyakan gagasan yang kamu sampaikan. katakan saja "BAIK, MAKSUDNYA BEGINI......" . dengan kata tidak secara tidak langsung menolak atau menyanggah pendapat orang lain secara kurang sopan. karena kita orang indonesia penuh dengan watak anggah - ungguh (kesopanan) yang tinggi, kita bukan orang barat yang dalam menyampaikan suatu hal selalu saklek., salah ya bilang salah, benar ya bilang benar. bukannya membenarkan yang salah ataupun sebaliknya tapi disini lebih pada penyampaiannya agar tidak melukai perasaan orang lain.
       kerja tim juga sangat berpengaruh secara psikis pada kepribadian kita, mau bukti? coba kamu amati antara seorang yang biasa kerja tim dengan orang yang selalu melakukan sutau hal sendiri. pasti banyak sekali kesimpulan yang bisa kamu sebutkan, contoh pasti misalkan dalam bersikap orang yang berorganisasi pasti lebih dewasa dalam menyingkapi perbedaan, dan pastinya jiwa sosialnya lebih baik dari orang yang selalu mengerjakan segala sesuatunya sendiri. orang yang terbiasa hidup bersosial akan menganggap penting kehadiran orang lain dihidupnya, karen aia tidak bisa memenuhi kebutuhannya tanpa bantuan atau kerjasama dengan orang lain, beda dengan orang yang selalu mengerjakan segala sesuatunya sendiri pasti merasa tidak membutuhkan partisipasi orang lain karena ia merasa mampu mengerjakan suatu hal tanpa bantuan orang lain. contohnya anak yang paling pandai biasanya cuek akan pergaulan, karena ia merasa bisa mengerjakan serta menerima pembelajaran sendiri,pasti anak tersebut punya jiwa egois yang tinggi. beda dengan anak yang sedang - sedang saja ataupun dikatakan bodoh, pasti ia akan berusaha bersosial agar mendapatkan relasi dalam belajar. Contoh lain dalam berkomunikasi adalah orang yang biasa hidup berorganisasi biasanya lebih lihai dalam berkomunikasi beda dengan orang yang selfie biasanya canggung dan terkesan kaku saat berkomunikasi. pasti kamu gak suka kan berkomunikasi dengan orang yang kaku, pastilah agan - agan ingin menemukan seseorang yang bisa membawa suasana mencair bagai es di daratan himalaya.hehehe ^_^
      Perumpamaan diatas hanya contoh simple yang biasa kita temui untuk membandingkan orang yang terlatih hidup bersosial dengan orang yang biasa mengerjakan suatu hal sendiri. dan pada hakekatnya manusia itu tercipta sebagai makhluk sosial dimana makhluk yang tidak bisa memenuhi semua kebutuhannya tanpa bantuan dari orang lain. so, bisa disimpulkan bahwa organisasi adalah media dasar sekaligus sarana mengembangkan karakteristik dalam jiwa  seseorang untuk hidup bersosial. dalam organisasi kita juga bisa menemukan harta karun yang tak ternilai oleh emas, berlian, intan dan koloninya yaitu TEMAN..! kita bisa menjalin relasi dengan berbagai jenis orang dan berbagai suku bangsa.. ^_^ heheheh . udah dulu ya posting mimin pagi ini, seperti biasa harus pergi mandi terus go to campus tersayong.. see you later agan - agan tersayaaaangg muaachhccc ^_^ ..!! *biar dapet ekspresi alay*

You Might Also Like

0 komentar





"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu"

_Ali bin Abi Thalib_

Like me on Facebook