Jenggawur Artnival, Festival Seni dan Budaya di Banjarnegara

10.40.00



jenggawur art festival banjarnegara

Sebagai orang yang lahir di desa, tentu bangga dong dengan dengan kearifan lokal yang ada. Banjarnegara punya segalanya. Kota yang tenang, kaya budaya dengan seribu kharismanya. Sungguh kota yang nyaman dan bikin betah deh.

Jadi ingat, dulu pernah membersamai artis ibu kota yang diundang untuk sebuah event di Banjarnegara. Komentar yang pertama belia lontarkan katanya Banjar itu unik dan menenangkan. “Tentram aja rasanya” gitu!

Saking nyamannya suasana Banjar, Beliau dan sang manager sampai jalan kaki dari hotel Surya ke alun – alun kota malem – malem. Wkwk

Yang pasti, saat itu beliau dan managernya hanya mengakses area kota Banjarnegara saja. Apalagi kalau sampai masuk wilayah desa, ya? Hamparan sawah yang luas seringkali menyajikan mahakarya yang indahnya tak terbantahkan. Sudah pasti sejuk dan menentramkan.

Kabupaten Banjarnegara ini punya 20 kecamatan yang terdiri dari 266 desa. Bayangkan saja, ratusan desa ini punya potensi wisata alam yang luar biasa, lho. Mau yang ala hutan pinus, area persawahan, dan lainnya ada di Kota Dawet Ayu ini.

Sayangnya, beberapa kali ngebolang ke destinasi wisata desa setempat ternyata butuh effort lumayan gede di perjalanannya. Meskipun sebenarnya akses jalan yang menantang itu sebanding dengan apa yang akan mata kita lihat. Soal tiket masuk, kalau destinasinya dikelola sama pokdarwis biasanya ada tiketing. Tapi kalau cuma dikelola sama karang taruna desa setempat, biasanya kita haya perlu bayar parkir.

Kenapa Harus Nonton Festival?

kenapa mesti nonton festival
Dokumentasi pagelaran seni tari oleh 'Generous Picture'

Wisata alam emang dasarnya udah indah, kebayang nggak sih kalau ditambah dengan atraksi seperti kirab, pagelaran seni dan lainnya? Plus pengunjung difasilitasi juga dengan spot – spot foto yang super instagramable. Tentu mau banget, ya?

Nah semua paket komplit di atas bisa kita dapat kalau desa wisata X pas ngadain festival. Misal aja DCF (Dieng Culture Festival) yang populer itu. Banyak banget rangkaian kegiatan menarik yang bisa kita ikuti saat festival. Sebenernya, untuk bisa menyaksikan pertunjukan seni dan budaya yang keren, kita nggak perlu sejauh itu ke Dieng.

Salah satu festival desa yang menurut saya sangat menarik ada di Banjarmangu, tepatnya di desa Jenggawur. Untuk masyarakat Banjarnegara pasti familiar dengan nama desa yang satu ini, ya? Banyak yang bilang Jenggawur ini termasuk dalah satu ‘Lumbung Padinya Banjarnegara.
Sawah terhampar luas disana. 

Bukan hanya ditanam sebagai bahan pangan utama masyarakat. Menurutku, tumbuhan padi disana punya visual yang cukup mengagumkan. Hijau daun, kuning padinya benar – benar obat manjur untuk cuci mata dari penatnya kerja. Ehehe yang sehari – hari nguli kayak saya pasti faham dong :V

Kepoin Jenggawur Art Festival, Yuk!


Event ini diprakarsai oleh pemuda – pemudi karang taruna dan pemerintah desa setempat. Dengan menggendeng beberapa elemen masyarakat dan komunitas juga sepertinya sukses membuat festival desa Jenggawur ini mendapat antusias warga Banjarnegara. Setau saya, Jenggawur Art ini sudah terlaksana dua kali. Yakni Jenggawur Artnival 2018 dan 2019 kemarin. Kabarnya 2020 juga akan festival ini akan hadir kembali. Wah tidak sabar, saya! Maklum dua tahun selalu gagal menikmati sajian luar biasa disana. *Curhat

Ada Apa Saja di Jenggawur Artnival?

Bukan sekedar suguhan tari – tarian melulu, fastival desa ini terbilang komplit dan sepertinya terorganisir dengan cukup baik. Dibuka dengan prosesi Kirab Pari, acara berlangsung padat hanya berjeda ishoma saja. Mulai dari  perform band akustik, desa berpuisi, pagelaran berbagai tarian tradisional, musik gameran, wisata kuliner khas desa dan banyak lainnya.

Supaya lebih detail, saya bantu posting rundown kegiatan Jenggawur artnival di bawah ini. Oya, lupa menyampaikan untuk Jenggawur artnival tahun 2019, tema yang diusung yakni ‘Harmonisasi Desa, Merawat Budaya’. Seluruh kegiatan terlaksana dalam waktu 2 hari saja.

Rundown Jenggawur Artnival Hari Pertama

Rundown Jenggawur Artnival Hari ke 1 Tahun 2019
Rundown Jenggawur Artnival Hari ke 1 Tahun 2019

Rundown Jenggawur Artnival Hari Kedua

Rundown Jenggawur Artnival Hari ke 2 Tahun 2019
Rundown Jenggawur Artnival Hari ke 2 Tahun 2019

 
Bagaimana, rangkaian kegiatannya menarik, ya? Supaya makin terbayang jelas, saya bantu ambilkan salah satu foto kegiatan di akun IG jenggawur.artnival.

Yakni saat opening Kirab Pari yang menghadirkan sang Dewi Sri di bawah ini. Gunungan padi diarak ramai – ramai oleh warga setempat yang menggunakan kostum tradisional. Bukan sekedar membuat tontonan, ada pesan penting yang ingin disampaikan dari Kirab Pari ini.  Salah satunya yakni sebagai wujud syukur dan upaya menjaga nilai budaya luhur desa Jenggawur.

Kirab pari dewi sri
Kirab Pari - Dewi Sri

Dan saya ambilkan juga beberapa foto di bawah ini sebagai pelengkapnya. Untuk kalian yang ingin melihat dokumentasi Jenggawur Artnival secara lebih lengkap, kunjungi saja official akunnya di IG jenggawur.artnival 
Follow juga supaya nggak ketinggalan up date informasi Jenggawur Artnival 2020 tahun ini.

Perform musik akustik di Jenggawur Artnival
Perform musik akustik di Jenggawur Artnival

Dokumentasi pagelaran musik di Jenggawur Artnival
Dokumentasi pagelaran musik di Jenggawur Artnival

pagelaran seni tari tradisional banjarnegara
Dokumentasi pagelaran seni tari oleh 'Generous Picture'

Dimana Lokasi Jenggawur Artnival?

Festival ini tentu terselenggara di desa Jenggawur, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara. Tepatnya di lapangan desa setempat. Sebagai tambahan, festival kolaborasi seni budaya dan tani ini dibuka mulai jam 13.00 WIB. Untuk tahun 2019, hari pertama digelar hingga pukul 22.30. Sedangkan hari kedua, sebagai pungkasan atau penutup, festival digelar hingga pukul 23.30.

Oya, soal akses jalan menuju kesana terbilang mudah ya. Jalurnya menuju lokasi tidak terlalu jauh dari jalan raya. Medannya juga cukup ramah dijangkau kendaraan roda dua ataupun empat.
Baiklah, sampai ketemu di Jenggawur Artnival 2020!

You Might Also Like

1 komentar





"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu"

_Ali bin Abi Thalib_

Like me on Facebook