Press Release BSTB Camp SMP Islam Plus Pelopor Sekolah Pendidikan Karakter di Banjarnegara

00.13.00


22 Oktober 2016- Realitas dunia pendidikan saat ini tentunya sudah sangat menohok hati rakyat. Pelaku kejahatan yang merugikan banyak pihak seperti korupsi, kolusi dan nepotisme pada era ini tentunya berasal dari kalangan terpelajar dan mempunyai riwayat pendidikan yang tinggi. Faktanya, persoalan pendidikan lainnya seperti program yang tidak tuntas bahkan penyalahgunaan wewenang terjadi dilingkungan kaum terpelajar. Inilah bukti bahwa kecerdasan intelektual tanpa adanya karakter yang baik justru akan menjadi bumerang bagi suatu bangsa. Bahkan mirisnya lagi, belakangan ini booming kasus penipuan yang menjerat orang – orang terpelajar bergelar professor sekalipun.

Lemahnya karakter Inilah yang menjadikan SMP Islam Plus Billingual Tunas Bangsa menyelenggarakan Bilingual School Tunas Bangsa Camp. Apalagi visi besar yang ditetapkan SMP Islam Plus Tunas Bangsa adalah melahirkan calon pemimpin bangsa yang cerdas secara intelektual namun tetap berkarakter.

BSTB Camp telah dilaksanakan selama tiga hari dua malam yakni dimulai pada tanggal 20 Oktober hingga 22 Oktober 2016 bertempat di gedung Tunas Bangsa dan The Pikas Banjarnegara. Pada kegiatan ini para siswa akan belajar bagaimana menjadi seorang problem solver untuk masalah yang biasa terjadi pada anak remaja. Kemudian teknik public speaking mulai dari dasar membangun komunikasi, keberanian menyampaikan gagasan dalam forum diskusi. Siswa juga dilatih untuk memiliki rasa percaya diri dan mampu memimpin orang lain.

Tidak hanya mahir dalam berkomunikasi secara verbal maupun non verbal, dalam sesi student perform, para siswa juga akan dilatih bagaimana berekspresi didepan umum melalui sebuah persembahan karya.

Pendalaman karakter merupakan salah satu point yang harus terwujud bagi setiap peserta BSTB Camp. Hal inilah yang mendasari adanya  sesi ta’dhim (menghargai) terhadap orang tua dan guru. Pada sesi tersebut seorang anak akan belajar bagaimana cara atau tata krama dalam berinteraksi dengan teman sebaya hingga orang tua. Sesi selanjutnya yakni learning how to learn yang mengajarkan mengenai kapasitas otak dalam menangkap informasi serta manajemen waktu. Metode pembelajaran seperti super memory dan mind map ini akan mempermudah siswa dalam menghafal atau memahami materi secara mudah dan menyenangkan.

BSTB Camp  ini selalu menghadirkan tokoh inspiratif seperti pejabat, pengusaha dan pendidik. Kali ini wakil bupati Banjarnegara periode 2011 – 2016 Drs. H. Hadi Supeno, M.Si sebagai salah satu pembicara juga turut hadir sebagai narasumber. Terdapat juga motivator sekaligus creator yaitu Awaludin, ST sebagai satu – satunya  pemuda Banjarnegara,  sampai  dengan saat ini, yang pernah diundang oleh presiden Amerika, Barack Obama yang turut menginspirasi semua siswa mapun orang tua. Pada BSTB Camp selanjutnya tentunya akan mengundang pejabat maupun pengusaha inspiratif lainnya.
Termuat dalam Suara Harian


You Might Also Like

0 komentar





"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu"

_Ali bin Abi Thalib_

Like me on Facebook