5 Hal Yang Perlu di Waspadai dalam Persahabatan

06.51.00






Sahabat itu teman disaat susah ataupun senang, ya seperti itulah definisi sahabat dalam arti yang populer.   Pasti udah pada faham sambil manggut – manggut kan? Hehe tapi realitanya seorang teman itu lebih antusias ke kita saat sama – sama mempunyai pendapat serta prinsip yang kembar ya paling tidak agak nyerempet dikit lah. Coba kamu bayangin gimana jadinya persahabatan dua atau lebih orang yang beda pendapat apalagi beda prinsip.  Contohnya nih, persahabatan antara mahasiswi yang punya jiwa aktivis, terus yang satunya punya jiwa seni. Pasti gak mungkin sinkron kan? Nah disitulah titik rawan perpecahan dalam persahabatan yang perlu kamu waspadai. Berikut hal yang bisa jadi ancaman dalam suatu ikatan persahabatan, cekidoott....!!!
1.      Perbedaan paradigma dan prinsip hidup
2.      Perkataan yang menyakiti
3.      Kesalahpahaman (misscomunication N missunderstanding)
4.      Sikap respek
5.      Toleransi
Lima point diatas terkesan sederhana ya gan? Tapi silahkan dipraktekan pasti susahnya minta ampun deh. #bukannya dari dulu praktek emang gak semudah materi??? hhe
point pertama udah dibahas diatas tadi kan, sekaranf kita OTW ke point ke dua aja, “perkataan yang menyakiti” disini maksudnya candaan atau bahkan teguran/ sindiran. Candaan yang berlebihan dapat menyakiti perasaan sahabatmu, so think again before you talk gan..!  selain candaan teguran ata saran yang kamu sampaikan juga bisa menjadi penyebab utama kamu berjauhan atau bahkan puasa ngomong sama sahabatmu jika cara kamu menyampaikan saran kurang tepat. Misalnya gini, sahabat kamu dateng kekapus dengan dandanan yang over. Terus kamu nyeletuk di depan banyak orang “cieee yang lagi usaha ngegebet senior pake dandan ala ronggeng dukuh paruk...”. #whatt the hell..!!! kira – kira gimana respon sahabatmu kalau kamu ngomong gitu?? Sakit hati dan malu pastinya! So, kita ganti cara penyampaian kita kayak gini “aduh sahabatku ini kelihatan agak beda ya..” pasti gak terlalu menyakiti kan? Walaupun niatmu baik, tapi kalau penyampaianmu salah, pasti itu akan jadi alasan utama kamu puasa ngomong sama sahabatmu.
Next ke point ke tiga “kesalapahaman” sebenarnya mirip banget sama point yang kedua, hanya saja kesalahpahaman disini gak cuman dari cara bicara, tapi attitude (tingkah laku) ya gan, misalnya kamu buang muka, apalagi sampai banting pintu didepan sahabat kamu. Pasti bakal jadi kesalahpahaman beruntut nih.
Point ke empat “respek” dari bahasanya saja bisa kita tebak respect artinya menghargai. Bukan harga jualan ya gan, menghargai di sini lebih pada sikap bukan masalah uang.hehe
Misalkan gini kamu mengikuti forum diskusi dikampus,  terus sahabat  kamu menyampaikan kalimat yang salah dalam menyampaikan pendapat, cara menghargai dari contoh kasus disini adalah kamu diam #keep silent!! Tetep hargai keberanian sahabatmu menyampaikan pendapat. Jangan langsung mematahkan semangat sahabatmu yaa..
            The last point “toleransi” maksudnya adalah kita bisa mengahrgai segala perbedaan antara kamu dan sahabatmu. Oke lah di point pertama kita mengutamakan sahabat yang sama paradigma serta prinsip hidup, tapi selain dua hal tersebut pasti banyak juga perbedaan yang bakal kamu temui. Kalian bukan kembar siam yang segalanya bisa bareng ataupun berperasaan sama.
            Intinya dalam hidup itu kita gak bakalan bisa lepas dari yang namanya kehidupan sosial. Salah satunya dalam berhubungan dengan manusia lain. Hhe emang biasanya hubungan sama alien...wkwkw pada intinya sahabat adalah makhluk yang bisa kita jadikan partner hidup kedua setelah keluarga. So jangan sakiti orang yang berperan cukup jauh dalam kehidupan kita. Tetap jaga sahabat kita, maksud mimin jagain dalam arti perasaan loh, bukan jadi security ataupun bodyguard yang ngawal sahabat kamu pergi kemanapun dari jangkauan siapapun..hihihihi
Udah ya mimin mau bersiap go ke kampus buat kuliah hari ini, doakan semoga lancar ya gan. Doakan juga supaya mimin mood and dapet inspirasi biar bisa posting terus diblog ini. Well, mimin kira waktu mimin udah gak lama lagi nih..*dramatis* . see you later
See you dipostingan selanjutnya.. bye!

You Might Also Like

0 komentar





"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu"

_Ali bin Abi Thalib_

Like me on Facebook