Profil Sekolah Para Juara SMP Islam Plus Bilingual School Tunas Bangsa Banjarnegara

00.00.00


SMPIP Bilingual School Tunas Bangsa merupakan lembaga pendidikan di bawah  naungan yayasan An Nahlda. Dimana SMP IP BSTB merupakan satu – satunya Sekolah Menengah Pertama yang  menerapkan metode belajar menggunakan Mind Map, Super Memory, dan Speed Reading. Seperti yang kita ketahui bahwa ketiga metode belajar tersebut dapat memudahkan kegiatan belajar bagi siswa menjadi lebih efektif dan kreatif namun menyenangkan. Hal ini didukung dengan adanya konsep “Fun Learning” serta ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Mind Map  ini dapat menghasilkan sebuah visualisasi dari materi pembelajaran yang lebih mudah di fahami serta membantu merangsang kreativitas siswa.

Bagi jenjang pendidikan  menengah pertama, konsep kelas rumpun atau lebih dikenal dengan “Moving Class” hanya bisa anda temukan di SMP IP BSTB. Dimana siswa tidak hanya terpaku pada satu kelas selama satu tahun pembelajaran, namun dengan konsep kelas rumpun ini setiap siswa mencari kelas sesuai mata pelajaran. Jadi pada mata pelajaran yang berbeda, siswa juga akan menempati ruang kelas yang berbeda pula. Desain ruang kelas tidak terkesan monoton namun terdapat karya – karya siswa yang menunjang pembelajaran lebih terkesan bersahabat. Selain itu, interaksi antara guru dan siswa tidak terkesan menggurui sehingga siswa lebih terbuka dalam segala permasalahan selama pembelajaran namun tetap berorientasi pada akhlaqul karimah.

Kegiataan unggulan SMPIP BSTB Banjarnegara seperti parenting School, BSTB Camp serta kegiatan – kegiatan lain yang menguatkan kepribadian siswa secara rutin dilakukan untuk membentuk pribadi siswa yang tangguh dan berprestasi. Bahkan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan “Enrichment Programme” yakni semacam Home Stay Study ke Singapura dan Kuala Lumpur. Program lanjutan yang melatih kemandirian siswa yakni dengan adanya Magang Bisnis dan Pekan Disiplin yang wajib diikuti oleh seluruh siswa sesuai kriteria tertentu. 
Berdasarkan visi dan misi yang diusung oleh SMP IP BSTB Banjarnegara, tentunya akan menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara keilmuan namun cerdas pula secara emosional. Pendidikan di SMP IP BSTB tidak hanya berorientasi pada pembelajaran baku semata sehingga siswa tumbuh menjadi anak yang lebih kreatif, aktif, mandiri dan tangguh.

SMP IP BSTB Banjarnegara mampu membentuk kepribadian siswa yang percaya diri dan berjiwa kreatif dengan adanya program “Perform On The Street”. Dimana siswa pada setiap akhir pekan akan menampilkan karya dan bakat ditempat umum. Adapun prestasi – prestasi yang diraih oleh siswa SMP IP BSTB yakni :

1.    Peringkat 2 UN Kabupaten Banjarnegara tahun 2014/2015
2.    Peringkat 3 UN Kabupaten Banjarnegara tahun 2013/2014
3.    Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten Banjarnegara
4.    Juara II Lomba Busana Batik Tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2014
5.    Juara III Lomba OSNG IPA Tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2014
6.    Juara III KTI Tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2014
7.    Juara II Hifdzul Qur’an Tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2015
8.    Juara III Hifdzul Qur’an Kecamatan Tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2015
9.    Juara III Lomba Poster Tingkat SMP Kabupaten Banjarnegara
1. Juara I Tinju Amatir Tingkat Jawa Tengah
1.Medali Cabang Renang (2 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu) Tingkat Kabupaten Banjarnegara

Beragam ekstrakulikuler seperti Voli, Basket, Musik dan Sepak Bola dapat menjadi media bagi siswa menyalurkan bakat dan minatnya menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Didampingi pelatih profesional yang didatangkan khusus untuk melatih dan mengembangkan kemampuan siswa.

SMPIP BSTB Banjarnegara telah menghasilkan lulusan terbaik dari segi prestasi dan faham akan nilai – nilai agama yang diterapkan pada kehidupan sehari – hari. Pada awal pembelajaran nantinya siswa akan mempunyai target 100 hari yang mencerminkan pribadi yang mandiri, berkarakter dan berakhlak qur’ani yakni dengan mendirikan shalat lima waktu, mampu berbicara bahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) serta mampu menghafal 1 Juz Al Qur’an. 

Di era ini membentuk pribadi anak yang cerdas namun mampu menjalankan ibadah sesuai tuntunan Al Qur’an dan Sunah bukan merupakan hal yang mudah. Untuk itu, memilih lembaga pendidikan yang mampu mendidik siswanya namun tidak membebani mental anak adalah langkah cerdas yang bisa diberikan orang tua sebagai wujud kepedulian pada masa depan anak. Tenaga pendidik di SMP IP BSTB Banjarnegara percaya bahwa setiap anak istimewa dengan keunikannya masing – masing. Hanya saja kita perlu memberikan perhatian sesuai karakteristik yang dimiliki setiap siswa.




You Might Also Like

0 komentar





"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu"

_Ali bin Abi Thalib_

Like me on Facebook