Enrichment Programme SMP Islam Plus Tunas Bangsa ke Singapura – Malaysia

00.07.00


SMP Islam Plus Tunas Bangsa merupakan salah satu sekolah bilingual berkarakter islami yang ada di kota Banjarnegara. Beragam program pembelajaran dengan metode terbaru sudah diterapkan secara berkesinambungan guna meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu program terbaru yakni adanya enrichment programme ke Singapura – Malaysia yang telah terlaksana pada tanggal 1 November sampai dengan tanggal 3 November 2016.

Enrichment Programme Singapura – Malaysia ini dilakukan sebagai upaya menambah dan memperkaya wawasan siswa – siswi SMP Islam Plus Tunas Bangsa Banjarnegara. Secara garis besar, program ini direalisasikan supaya para siswa bisa berkaca dan belajar langsung dari budaya negara yang dikunjungi sehingga bisa menjadi sebuah tolak ukur perkembangan persaingan global kedepannya. Adanya budaya disiplin dengan sistem yang teratur di Singapura juga secara tidak langsung telah menuntun anak menjadi lebih disiplin. Selain itu, tingkat kemandirian dan keberanian siswa dalam berinteraksi di negara asing juga dapat semakin terasah.

Para siswa dilatih untuk mandiri melakukan hal kecil seperti memesan makanan hingga mencari rute tujuan perjalanan tanpa didampingi oleh guru masing – masing. Tentunya para siswa tidak sepenuhnya dilepas begitu saja, para pendamping tetap mengawasi meski tidak turut bertindak secara langsung. Namun apabila situasi dan kondisi dirasa tidak memungkinkan, barulah para pendamping memberikan intruksi kepada para siswa.

“ Dalam kondisi terdesak dinegeri orang, justru mereka semakin terlihat mandiri dan muncul keberanian untuk berinteraksi dengan sekitarnya. Dengan sistem yang teratur dan rapi, Singapura dan Kuala Lumpur memang menjadi tempat yang tepat untuk mengasah mentalitas anak “ Terang Dhian Fatmasari,SS, CHt selaku kepala sekolah yang turut mendampingi enrichmen programme Singapura – Singapura.

Semakin Melek Teknologi


Tidak bisa dipungkiri, Singapura dan Malaysia merupakan dua negara yang telah mencapai kemajuan dibanding Indonesia. Hal ini dilihat dari segi perekonomian, pembangunan dan teknonologi mutaakhir. Enrichment programme yang terlaksana di banyak tempat edukatif seperti  NAFA, NTU, dan Creative and Innovator Design Center ini tentunya akan menjadi ladang inspiratif tersendiri bagi para siswa dalam melihat kemajuan zaman. Selain itu, SMP Islam Plus Tunas Bangsa juga menyempatkan untuk mengunjungi KBRI serta eksplorasi kawasan Little India dan China Town. Semoga dari dua negara yang dikunjungi, para siswa mendapatkan wawasan dan pola pikir baru. 

You Might Also Like

0 komentar





"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu"

_Ali bin Abi Thalib_

Like me on Facebook